Sociologic #11; Agenda Tahunan Himpunan Pendidikan Sosiologi

Sosiologic adalah salah satu agenda tahunan dari Himpunan Mashasiswa Pendidikan Sosiologi (HIMA DILOGI) yang tahun ini tekah mencapai tahun ke-sebelas. Sociologic#11 kali ini mengusung tema “Generasi Inovatif Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema tahun ini diambil untuk mendorong peran generasi muda. Generasi muda berperan sebagai agent of change, yakni terkait bagaimana cara cerdas generasi muda dapat memanfaatkan teknologi era digital guna meningkatkan kualitas di berbagai bidang, serta dapat meminimalisir dampak negatif kemajuan dan perkembangan teknologi itu sendiri. Sebagai agent of change, generasi muda mampu memaksimalkan baik potensi pengetahuan ataupun keterampilan yang diperoleh melalui pendidikan berkualitas. Pendidikan berkualitas berperan untuk mempersiapkan generasi muda, sehingga mampu menyongsong Indonesia Emas 2045 dengan optimal.

Kegiatan Sociologic#11 sendiri memiliki 3 rangkaian kegiatan yaitu Lomba Sosiologi Tingkat Nasional SMA/MA/Sederajat, Lomba Video Campaign Tingkat Nasional, dan Seminar Nasional. Kegiatan perlombaan dilakukan secara dua cara yaitu online/daring dan offline/luring. Setiap kegiatan perlombaan memiliki bebrbagai tahapan hingga akhirnya kegiatan final dari kedua kegiatan lomba tersebut dilakukan secara luring di Universitas Negeri Yogyakarta. Tahun ini kegiatan Sosiologic #11 mendapat antusias dari berbagai sekolah maupun siswa SMA. Pendaftar yang tercatat dalam laman pendafaran Sosiologic #11 untuk Lomba Sosiologi yaitu 128 tim, lalu Lomba Video Campaign yaitu 13 finalis, dan Seminar Nasional yaitu 157 pendaftar seminar.

Kegiatan Lomba Sosiologi Tingkat Nasional SMA/MA/Sederajat yang memiliki 128 pendaftar ini masih harus mengikuti berbagai tahapan lomba. Sehingga setelah berbagai tahapan perlombaan ini mampu membuat tiga tim terpilih menjadi pemenang Lomba Sosiologi Tingkat Nasional SMA/MA/Sederajat. Pemenang Lomba Sosiologi Tingkat Nasional SMA/MA/Sederajat yaitu Juara 1 SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA (Skor akhir 83,8) dengan tim Anya Maharani Miasa, Fahmadia Nuuro Hiyaruna, dan Zea Alima Cirsa. Juara 2 SMA MAITREYAWIRA BATAM (Skor akhir 82,4) dengan tim Louis Fabiano Wu, Angel Fortuna Maharani, dan David. Lalu, Juara 3 SMA NEGERI 1 TASIKMALAYA (Skor akhir 76,5) dengan tim Muhamad Fajril Rahmat, Andien Rizkyas Yasmin, dan Najwa Aulia Fadhilah.

Selanjutnya untuk Lomba Video Campaign Tingkat Nasional yang memiliki 13 pendaftar diseleksi kembali menjadi 10 peserta untuk mengikuti kegiatan presentasi hasil videonya. Setelah kegiatan presentasi selesai makan terpilihlah 3 pemenang utama yaitu Stefanie Drucella (SMAK IPEKA Sunter), Tim Azaria Nurazmi (SMA Al-Muttaqin), dan Andrea Calista Winata (SMAK IPEKA Sunter). Selain pemenang utama, terdapat juga pemenang favorit yaitu Muhammad Sauqal Afwika R (SMAN 2 Cirebon).

Serangkaian kegiatan perlombaan yang telah dilaksanakan, maka kegiatan puncak Seminar Nasional dilaksanakan. Seminar Nasional ini menjadi acara puncak dari Sociologic#11 tahun ini. Seminar Nasional ini akan dilaksanakan pada tanggal, 12 November 2022, yang diperuntukkan untuk mahasiswa, pelajar, guru, dan masyarakat umum. Seminar Nasional tahun ini mengambil tema kependidikan, yaitu “Optimalisasi Pendidikan pada Generasi Muda Menuju Indonesia Emas 2045”. Pada kesempatan seminar kali ini mengajak tiga narasumber yaitu Grendi Hendrastomo, S.Sos., M.M., MA. (Dosen Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta), Prof. Dr.Elly Malihah, M.Si (Dosen Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Pendidikan Indoensia), Ahmad Fauzan (Founder & Content Analyst Of @kimerasa.id; Team Leader of Network Outreach AIESEC in UI). Setelah kegiatan Seminar Nasional dilaksanakan, terdapat acara pembagian hadiah untuk para pemenang lomba dan give away dari panitia Sosiologic#11. Selamat untuk para pemenang lomba Sosiologic#11, sampai bertemu di tahun depan! (admin)