Learning Outcomes (Kompetensi Lulusan)

Isi: 
LEARNING OUTCOMES
 
Rumusan capaian pembelajaran lulusan Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Yogyakarta sebagai berikut:

A. Sikap

Kompetensi sikap lulusan program studi pendidikan sosiologi mencakup:

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

B. Pengetahuan

Kompetensi pengetahuan lulusan program studi pendidikan sosiologi mencakup:

  1. menguasai materi bidang pendidikan dan sosiologi secara teoretis-konseptual dan praktis;
  2. mengembangkan kajian tentang pendidikan dan sosiologi untuk kepentingan pembelajaran dan pengembangan keilmuan;
  3. memecahkan permasalahan pendidikan dan sosial secara kritis, rasional dan logis dengan mempertimbangkan humanitas dan kearifan lokal;
  4. merancang pembelajaran kreatif, inovatif dan inspiratif sesuai karakteristik peserta didik, lingkungan belajar, dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi;
  5. mengkreasikan layanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat serta tantangan global.

C. Keterampilan Khusus

Kompetensi keterampilan khusus lulusan program studi pendidikan sosiologi mencakup:

  1. menggunakan konsep sosiologi dalam analisis dan penyelesaian permasalahan pendidikan dan sosial-kemasyarakatan sesuai dengan situasi yang dihadapi;
  2. mendemonstrasikan ide dan informasi secara efektif melalui berbagai bentuk strategi dan media kepada peserta didik, masyarakat akademik dan masyarakat umum;
  3. mempertajam kapasitas keilmuan dan keahlian secara mandiri melalui pendidikan dan pembelajaran sepanjang hayat;
  4. mengemas proses pembelajaran yang efektif, kreatif, inovatif dan inspiratif;
  5. menimbang berbagai kajian tentang pendidikan dan sosiologi untuk memberikan solusi dan keputusan atas permasalahan pendidikan dan sosial;
  6. memproduksi sarana penunjang kegiatan pembelajaran dan layanan pendidikan;
  7. menempatkan diri untuk memberi keteladanan sikap dan perilaku sesuai jati diri pendidik serta didasarkan atas etika profesi keguruan;
  8. melatih peserta didik dan masyarakat untuk menjadi penggerak perubahan dalam rangka pemberdayaan, pendampingan masyarakat dan pengorganisasian kegiatan sosial kemasyarakatan;
  9. mendorong peserta didik untuk berpikir kritis dan inovatif melalui proses pembelajaran.

D. Keterampilan Umum

Kompetensi keterampilan umum lulusan Program Studi Pendidikan Sosiologi mencakup:

  1. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja, dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  9. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.