Prodi Pendidikan Sosiologi Memperoleh Akreditasi UNGGUL dari LAMDIK (Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan)

Tahun 2022 ini, program studi Pendidikan Sosiologi kembali melakukan kegiatan akreditasi. Kegiatan akreditasi kali ini telah dipersiapakan jauh-jauh hari. Hasil akreditasi akan sangat menentukan penilaian seluruh aspek yang ada di program studi sehingga berbagai persiapan yang dilakukan oleh program studi Pendidikan Sosiologi. Semuanya dipersiapkan dalam rangka untuk mempertahankan akreditasi Unggul yang telah diperoleh sebelumnya.

Proses akreditasi berupa penyusunan LED (Laporan Evaluasi Diri) pada UPPS/PS dan Asasmen Kecukupan telah dilakukan. Selanjutnya Asasmen Lapangan (AL) menjadi proses terakhir sebelum hasil penilaian akreditasi keluar. Program studi Pendidikan Sosiologi dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober dan 1 November 2022. Kegiatan Asasmen Lapangan ini dilakukan secara daring melalui platform Zoom Cloud Meeting. Asesor pada kegiatan Asasmen Lapangan kali ini adalah Prof. Dr. Sapriya, M.Ed. (Universitas Pendidikan Indonesia) dan Dr. rer.nat. Nurhadi, S.Ant, M.Hum. (Universitas Sebelas Maret). Kedua asesor ini berasal dari LAMDIK atau Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan yang memiliki tugas untuk melakukan proses Akreditasi untuk Program Studi (PS) di Bidang Kependidikan di Indonesia.

Kegiatan Asasmen yang dilakukan pada hari Senin, 31 Oktober 2022 adalah konfirmasi data kuantatif dan wawancara dengan Pimpinan UPPS, Tim Akreditasi Program Studi, Dosen, Tenaga Kependidikan, Alumni, Pengguna, dan Mahasiswa. Seluruh kegiatan yang dilakukan melalui Zoom Cloud ini berjalan dari pagi hingga sore. Dalam satu hari telah dibagi setiap jam untuk sesi masing-masing wawancara asesor dengan pihak tertentu. Jadwal yang telah ditentukan berjalan sesuai atau on-time dan berjalan dengan lancar tanpa kendala baik dari pihak-pihak terkait maupun dari signal dan teknologi.

Kegiatan Asesmen hari kedua pada hari Selasa, 1 November 2022 adalah virtual tour observasi pembelajaran dan observasi sarana dan prasarana. Kegiatan observasi sarana dan prasarana yang diperlihatkan adalah laboratorium microteaching, laboraturium pembelajaran dan penelitian, perpustakaan, dan ruang dosen. Observasi pembelajaran dan sarana prasarana memiliki penanggungjawab di masing-masing tempat.  Pembagian penanggung jawab disetiap tempat adalah salah satu cara agar virtual tour dapat berjalan lancar dan cepat. Setelah itu terdapat kegiatan feedback asasmen lapangan dan penutupan. Setelah itu, kegiatan asasmen lapangan prodi Pendidikan Sosiologi telah selesai dilaksanakan secara lancar.

Setelah kurang lebih 2 minggu pasca kegiatan Asesmen Lapangan (AL), akhirnya Prodi Pendidikan Sosiologi memperoleh peredikat UNGGUL dengan nilai 373 dari Lembaga Akreditas Mandiri Kependidikan (LAMDIK). Masa berlaku akreditasi mulai dari 26 Juli 2022 sampai 25 Juli 2027, dengan nomor SK 656/SK/LAMDIK/Ak/S/XI/2022.

Selamat kepada Prodi Pendidikan Sosiologi. Semoga bisa terus mengembangkan aspek keilmuan dan kelembagan. Spirit SOisologi (Admin).