Survey Kepuasan Mahasiswa FIS terhadap Layanan Administrasi Kampus Tahun 2021

Pelaksanaan penjaminan mutu yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta melalui LPPMP (Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan) sub unit Pusat Audit, Monitoring, dan Evaluasi Pendidikan Tinggi, dilangsungkan secara konsisten setiap tahun. Monitoring terhadap penjaminan mutu, salah satunya dilakukan untuk memonitoring bagaimana kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi kampus. Survey kepuasan dilakukan secara daring melalui website http://survey.uny.ac.id/emonev-pbm/index/ oleh mahasiswa yang dapat diakses menggunakan email UNY. Pada Tahun 2021, survey kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi pendidikan dilakukan kepada seluruh mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial, dengan total responden sejumlah 253 mahasiswa dengan menjawab beberapa item pertanyaan terkait Kemudahan untuk memanfaatkan prasarana untuk kegiatan pembelajaran. Mahasiswa memberikan nilai 1-4 dengan ketentuan: (1) snagat tidak puas; (2) tidak puas; (3) puas, dan (4) sangat puas.

Berdasarkan hasil survey kepuasan layanan administrasi pendidikan tersebut, maka terdapat beberapa kesimpulan yang dihasilkan. Mayoritas mahasiswa memberikan nilai 3 (puas) yaitu sejumlah 50,2%. Mayoritas kedua, mahasiswa memberikan nilai 4 (sangat puas) yaitu sejumlah 45,4. Sejumlah kecl mahasiswa memberikan nilai 1 (sangat tidka puas) dan nilai 2 (tidak puas), yaitu dengan prosentase berurutan 0,80% dan 3,96%. Hal ini menunjukkan bahwa layanan administrasi yang diberikan oleh kampus baik dan efektif, dibuktikan dengan mayoritas (lebih dari 50%) mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta memberikan nilai puas dan sangat puas.

Secara umum, keseluruhan mahasiswa memberikan nilai sebesar 3,38 pada seluruh kepuasan layanan administrasi. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa puas dengan layanan administrasi kampus. Walaupun demikian, beberapa aspek perlu dilakukan peningkatan dan inovasi layanan guna meningkatkan kepuasan mahasiswa serta efektifitas layanan.

 Layanan kepuasan mahasiswa dalam beberapa aspek tersebut dapat dilihat secara umum melalui grafik berikut ini: