Kemeriahan HUT Hima Dilogi Ke-16: “Happiness Comes In The Midst of Togetherness”

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi (Hima Dilogi) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-16. Hima Dilogi dibentuk pada tanggal 22 Mei 2007 sehingga tepat pada tanggal 22 Mei 2023 Hima Dilogi berulang tahun ke-16. Kegiatan ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Hima Dilogi UNY. Pada HUT Hima Dilogi tahun ini, acara merupakan hasil kolaborasi dengan 3 divisi yaitu divisi HRD, PPM, dan Krisma. Bentuk dari kegiatan HUT tahun ini terdiri atas beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya Lomba futsal, badminton, dilogi quizizz, dan puncak acara yaitu pentas seni. Di ulang tahun yang ke-16 ini, Hima Dilogi mengangkat tema yaitu “Happiness Comes In The Midst Of Togetherness”  yang memiliki arti kebahagiaan datang di tengah kebersamaan. Acara ini bertujuan agar para mahasiswa khususnya Mahasiswa Pendidikan Sosiologi lebih terjalin silaturahmi dan dapat mengembangkan minat dan bakatnya dengan cara diadakannya berbagai rangkaian kegiatan pada HUT Hima Dilogi ke-16 ini. Acara ini dilaksanakan selama beberapa hari yakni tanggal 7, 12, 14, 19, 21, 27 Mei 2023 dan diikuti oleh 37 tim Mahasiwa Aktif Pendidikan Sosiologi.

Acara ini diawali dengan lomba futsal tanggal 7 Mei 2023 bertempat di Lapangan Telaga Futsal 3. Futsal ini di ikuti oleh Mahasiswa Aktif  Pendidikan Sosiologi Angkatan 2020, 2021, 2022. Pada perlombaan futsal ini masing-masing kelas mengirimkan perwakilan kelas sebanyak 2 tim yang terdiri dari tim putra dan tim putri. Kegiatan ini berlangsung semarak dengan adanya supporter dari setiap kelas. Perlombaan futsal hari itu digunakan sebagai babak penyisihan antartim dan akan dilanjutkan babak final pada minggu depan tanggal 14 Mei 2023. Final Futsal ini dikuti oleh tim yang lolos ke babak final. Bentuk dari kegiatannya masih sama dengan babak penyisihan. Final futsal berlangsung sangat meriah. Persaingan antar tim yang membuat penonton sangat antusias saat menontonnya membuat suasana sangat seru. Perlombaan futsal putra dimenangkan oleh angkatan 2020 dan futsal putri di menangkan oleh kelas B 2021.

Acara kedua yaitu Dilogi Quizizz pada tanggal 12 Mei 2023 bertempat di Ruang Ki Hadjar Dewantara UNY. Dilogi Quizizz ini juga diikuti oleh Mahasiswa Aktif Pendidikan Sosiologi. Adapun bentuk dari kegiatan ini adalah mengerjakan soal pengetahuan umum Sosiologi yang sudah disediakan oleh panitia melalui aplikasi Quizizz. Pengerjaan Quiz dilakukan serentak ketika waktu sudah mulai berjalan. Peserta dilarang menggunakan Handphone dan alat komunikasi lainnya. Peserta dengan skor terbanyak pada 6 besar akan masuk ke dalam babak semi final yang akan dilaksanakan minggu depan bersamaan dengan babak final. Semifinal dan final Quizizz dilaksanakan pada tanggal 19 Mei 2023 bertempat di ruang Ki Hadjar Dewantara. Bentuk kegiatan semi-final dan final ini berbeda dengan babak penyisihan. Pada semi-final akan dibagi menjadi 2 sesi setiap sesi diikuti oleh 3 tim, setiap tim diberikan pertanyaan jika bisa menjawab akan diberikan skor dan jika tidak bisa menjawab akan dilemparkan kepada tim lain. Tim yang memiliki skor 3 besar tertinggi akan masuk ke babak final. Pada babak final setiap tim akan mengambil undian yang berisi mosi yang akan diperdebatkan dan ada beberapa pertanyaan yang diajukan oleh juri. Pada babak final ini para peserta sangat antusias dalam berdebat dan menjawab pertanyaan dari juri. Pada quizizz kali ini dimenangkan oleh tim A 2021.

Acara ketiga yaitu lomba badminton pada tanggal 21 Mei 2023 bertempat di Gedung Serbaguna Pogung Lor. Lomba badminton dilaksanakan satu hari dari babak penyisihan sampai dengan babak final. Kegiatan ini berlangsung meriah dengan supporter dari setiap kelas yang bertanding. Perlombaan badminton ini dimenangkan oleh tim B 2022.

Acara yang terakhir yaitu acara puncak pada tanggal 27 Mei 2023 bertempat di Ruang Theatrikal Gedung LPMPP UNY. Bentuk dari acara ini yaitu pentas seni, talkshow, dan awarding. Acara dimulai dengan pembukaan tari Wonderland Indonesia oleh Mahasiswa Pendidikan Sosiologi. Selanjutnya yaitu sambutan dari ketua pelaksana, ketua Hima Dilogi, Sekretaris Departemen Pendidikan Sosiologi yang dilanjutkan oleh pemotongan tumpeng sebagai bentuk simbolik perayaan hari Ulang Tahun Hima Pendidikan Sosiologi. Selanjutnya adalah sesi talkshow oleh pembicara yaitu Dosen Pendidikan Sosiologi Ibu Sasiana Gilar Apriantika dan Ibu Nur Endah Januarti serta Alumni Pendidikan Sosiologi 2019 saudara Nuurul Amri Perdana dengan tema Perkembangan Hima Dilogi dari 3 Generasi. Pada sesi talkshow ini para hadirin sangat menikmati acara tersebut. Acara selanjutnya yaitu pertunjukan musik dari Mahasiswa Pendidikan Sosiologi bernama Troublemaker Society dan D’Twenties. Dilanjutkan dengan pertunjukan Dance modern Mahasiswa Pendidikan Sosiologi bernama Old Jeans. Para penonton cukup antusias menyambut penampilan dari teman-teman yang akan tampil. Para hadirin bernyanyi dan berdansa bersama di depan panggung.  Pada Acara ini terdapat mini games yang di ikuti oleh para hadirin HUT Hima Dilogi seperti tebak gaya dan Truth or Dare yang akan mendapatkan doorprize jika berhasil melakukannya. Kegiatan diakhiri dengan  awarding atau pemberian hadiah kepada peserta juara lomba futsal, badminton, quizizz, dan Best Supporter.

Semoga Hima Dilogi semakin kompak dan menghasilkan kegiatan yang kreatif dan bermanfaat. Spirit Sosiologi!