Survey Kepuasan Mahasiswa FIS terhadap Layanan Administrasi Kampus Tahun 2020

Dalam rangka melaksanakan penjaminan mutu yang dapat digunakan juga sebagai dasar evaluasi dan pengembangan, Universitas Negeri Yogyakarta melalui LPPMP (Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan) sub unit Pusat Audit, Monitoring, dan Evaluasi Pendidikan Tinggi, secara reguler melaksanakan survey kepuasan terhadap berbagai layanan oleh mahasiswa maupun dosen. Salah satunya melalui kepuasan mahasiswa terhadap unit layanan administrasi pendidikan. Survey kepuasan dilakukan secara daring melalui website http://survey.uny.ac.id/emonev-pbm/index/ oleh mahasiswa yang dapat diakses menggunakan email uny. Pada Tahun 2020, survey kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi pendidikan dilakukan kepada seluruh mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial, dengan total responden sejumlah 1366 mahasiswa dengan menjawab beberapa item pertanyaan, diantaranya terkait (1) Keadilan layanan Fakultas/Pascasarjana pada Dosen/ Tendik/ Mahasiswa (layanan yang adil, non diskriminatif, dan toleran). (2) Layanan perpustakaan. (3) Kemudahan layanan keuangan (pembayaran UKT, pengurusan beasiswa, dispensasi pembayaran). (4) Ketersediaan, kepemilikan, kemutakhiran, dan kesiapgunaan fasilitas dan peralatan untuk kegiatan pembelajaran (5) Kecukupan prasarana TIK (komputer, bandwith, jaringan, kapasitas penyimpan data). Dan (6) Aksesibilitas sistem informasi (kecukupan, kemudahan penggunaan sistim informasi: siakad, besmart, presensi, dll). Beberapa pertanyaan tersebut kemudian dijawab mahasiswa dengan memberikan penilaian 1-4 dengan ketentua, (1) sangat tidak puas, (2) tidak puas, (3) puas, dan (4) sangat puas.

Berdasarkan hasil survey kepuasan layanan administrasi pendidikan tersebut, maka terdapat beberapa kesimpulan yang dihasilkan. Pada aspek Keadilan layanan Fakultas/Pascasarjana pada Dosen/ Tendik/ Mahasiswa (layanan yang adil, non diskriminatif, dan toleran, Sebagian besar mahasiswa memberikan nilai 3 dan 4 (puas dan sangat puas) terhadap layanan yang bersifat adil dan toleran. Nilai rerata pada aspek ini yaitu 3,146 yang menunjukkan bahwa mahasiswa puas terhadap layanan keadilan dan toleran oleh pelayanan fakultas. Pada aspek Layanan perpustakaan, hampir seluruh mahasiswa memberikan nilai puas dan sangat puas, namun ada beberapa mahasiswa yang memberikan nilai tidak puas. Secara umum, layanan ini memperoleh nilai 3,11 yang menunjukkan bahwa mahasiswa puas dengan layanan yang diberikan.  Selanjutnya, pada aspek Kemudahan layanan keuangan (pembayaran UKT, pengurusan beasiswa, dispensasi pembayaran, mayoritas mahasiswa memberikan nilai puas (angka 3), beberapa memberikan penilaian sangat puas, dan Sebagian kecil memberikan nilai tidak puas. Rerata mahasiswa memberikan nilai 3,08 yang menunjukkan bahwa mahasiswa puas terhadap layanan yang diberikan. Selanjutnya, pada aspek Ketersediaan, kepemilikan, kemutakhiran, dan kesiapgunaan fasilitas dan peralatan untuk kegiatan pembelajaran; Kecukupan prasarana TIK (komputer, bandwith, jaringan, kapasitas penyimpan data), ; dan Aksesibilitas sistem informasi (kecukupan, kemudahan penggunaan sistim informasi: siakad, besmart, presensi, Sebagian besar mahasiswa memberikan nilai 3 dengan kategori puas, beberapa lainnya memberikan nilai 4 dengan kategori sangat puas. Secara berturut, turut nilai rerata yang diperoleh ketiga aspek tersebut adalah 3,07, 3,08, dan 3,23. Nilai tersebut menunjukkan kesimpulan bahwa mahasiswa puas terhadap layanan administrasi yang diberikan oleh kampus.

Secara umum, keseluruhan mahasiswa memberikan nilai sebesar 3,09 pada seluruh aspek/item layanan administrasi. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa puas dengan layanan administrasi kampus. Walaupun demikian, berbagai peningkatan dan inovasi layanan dapat terus dilakukan guna meningkatkan kepuasan mahasiswa. Layanan kepuasan mahasiswa dalam beberapa aspek tersebut dapat dilihat secara umum melalui grafik berikut ini: