Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Melaksanakan Kuliah Lapangan di Suku Baduy

Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang ada di Departemen Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Yogyakarta. Pada mata kuliah KKL ini akan ada kegiatan yang ditawarkan kepada mahasiswa. Tahun ini, kegiatan KKL ini dilakukan oleh mahasiswa Pendidikan Sosiologi angkatan 2021 dan didampingi oleh tiga dosen yaitu Bapak Datu Jawmiko S.Pd., M.A, Ibu Sasiana Gilar Apriantika S.Pd., M.A, Ibu Dwi Agusitiana M.A. Kegiatan ini dilaksanakan pada 16-20 Januari 2023. Kegiatan yang dilakukan selama 4 hari ini memiliki beberapa destinasi atau tempat yang akan dikunjungi oleh para mahasiswa. Beberapa destinasi tersebut adalah Suku Baduy, Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Barat (KESBANGPOL JABAR), Kampung Toleransi Gang Luna, dan Farm House.

Pada hari pertama, 16 Januari 2023 rombongan memulai perjalanan dari kampus Universitas Negeri Yogakarta. Lalu pada hari kedua, 17 januari 2023 rombongan sampai pada Ciboleger. Pada Ciboleger ini rombongan melakukan transit. Setelah transit ini akan dilanjutkan ke destinasi pertama yaitu pada pemukiman Suku Baduy, Banten. Kegiatan pada suku Baduy ini ingin malihat bagaimana proses interaksi dan proses kehidupan yang ada di suku Baduy khususnya pada suku Baduy Dalam. Mahasiswa yang ikut dalam kegiatan KKL ini akan melakukan kegiatan hidup dan bermalam pada keluarga yang ada di Suku Baduy selama satu malam. Berbagai kegiatan dilakukan oleh mahasiswa, seperti membantu memasak, berbincang dengan Abah dan AMbu (orang tua asuh selama menginap di Suku Baduy), hingga melaksanakan FGD dengan Puun (Ketua Adat Baduy Dalam). Banyak sekali hal yang dipelajari oleh mahasiswa selama berada di Suku Baduy, seperti belajar menghormati alam dengan tidak menggunakan berbagai bahan kimia untuk mandi, menghormati adat istiadat dengan tidak merekam ataupun mengambil gambar di sekitar Suku Baduy Dalam, hingga berinteraksi dengan masyarakat secara langsung dan mempelajari berbagai adat dan tradisi Suku Baduy.  

Selanjutnya, hari ketiga, 18 Januari 2023 ini melanjutkan perjalanan ke Bandung. Setelah kegiatan bermalam pada rumah penduduk Suku Baduy ini kegiatan rombongan dilanjutkan. Pada hari ketiga ini setelah sarapan pagi di rumah penduduk rombongan menuju Ciboleger. Rombongan KKL melakukan transit di Ciboleger lalu melanjutkan perjalanan ke Hotel di Bandung. Setelah sampai hotel yang disediakan, rombongan dipersilakan untuk check-in lalu bersitirahat.

Selanjutnya pada hari keempat, 19 Januari 2023 romobongan memiliki jadwal yang cukup banyak. Pada hari ini akan melakukan kunjungan pada Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Barat (KESBANGPOL JABAR), Kampung Toleransi Gang Luna, dan Farm House. Pada tempat pertama yaitu Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Barat (KESBANGPOL JABAR) para rombongan belajar terkait dengan politik. Bagaimana sebuah kampanye politik dapat dilakukan, kegiatan politik yang ada di Jawa Barat, dan tips atau cara untuk berpolitik dengan tepat. Pada tempat kedua yaitu Kampung Toleransi Gang Luna para rombongan melakukan tour keliling kampung ini. Kegiatan kunjungan di Kampung Luna ini membuka wawasan terkait dengan masyarakat yang berbeda secara agama mampu tinggal dan hidup bersama dalam satu kampung ini. Kampung ini memiliki 4 gereja, 4 vihara, dan 2 masjid yang berdampingan. Kegiatan beragama yang beragam ini tidak membuat masyarakat sulit melakukan ibadah. Setiap agama yang memiliki kegiatan ibadah akan didukung dengan cara membantu kegiatan peribadatan dengan menjaga keamanan salam ibadah dalam Kampung Toleransi Gang Luna ini. Terakhir pada destinasi Farm House di Lembang. Pada tempat terakhir ini rombongan menikmati waktu santai terakhir mereka di Bandung khususnya di Lembang. Pada Farm House ini rombongan menikmati liburan di wisata alam Farm House Lembang Bandung. Setelah berbagai kegiatan Kuliah Kerja Lapangan selama 3 hari di Bandung, seluruh rombongan akhirnya melakukan perjalanan pulang ke Yogyakarta pada hari keempat ini. Lalu seluruh rombongan tiba di Yogyakarta kembali pada hari kelima yaitu 20 Januari 2023 dini hari.

Perjalanan yang dilakukan total 5 hari dalam kegiatan Kuliah Kerja Lapangan ini memiliki kesan bagi para peserta yang mengikutinya. Salah satunya disebutkan oleh mahasiswi Pendidikan Sosiologi yaitu “Sangat berkesan, khususnya di Baduy Dalam karena kehidupan di sana sangat berbeda dengan kehidupan di kota”. Kegiatan KKL yang singkat ini telah membawa sebuah kesan dan cerita yang menarik pada setiap orang yang ikut di dalamnya.

*Catatan: foto diambil di lingkungan Suku Baduy Luar