Departemen Pendidikan Sosiologi Adakan Diskusi dengan Central of Pedagogy, Research, and Inovation Fakulti Pembangunan Manusia Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia

Senin 06 November 2023, beberapa dosen Departemen Pendidikan Sosiologi FISHIPOL UNY berkesempatan untuk berkunjung ke Fakulti Pembangunan Manusia, Universiti PendidikanSultan Idris (UPSI) malaysia. Kunjungan diterima secara spesifik oleh Centre of Pedagogy, Research, and Inovation (CPRI) yang dipimpin oleh Dr. Mohd. Razimi B Husin selaku Deputi Direktur CPRI. Dalam kesempatan ini, Departemen Pendidikan Sosiologi dan CPRI mendiskusikan beberapa hal terkait dengan kerja sama kelembagaan dan pembelejaran. Secara spesifik, beberapa renacana kerja sama yang didiskusikan antara lain (1) Webinar yang diselenggarakan dengan 2 pembicara dari UPSI dan UNY, (2) Kolaborasi pembelajaran dengan melakukan pertukaran Visiting Professor antara Departemen Pendidikan Sosiologi dengan CPRI. (3) Short Seminar, yaitu dengan mengadakan seminar dan lokakarya hasil penelitian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa, baik dari Fakulti Pembangunan Manusia UPSI maupun Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dan Ilmu Politik UNY. (4) Sharing Pengetahuan berbasis pada bidang apa kajian, seperti pengembangan Ecomedia Pembelajaran dan Kritik terhadap Pembelajaran berbasis Teknologi yang dikembangakan oleh beberapa dosen Departemen Pendidikan Sosiologi. (5) Student Exchange antara UPSI dan UNY yang diikuti oleh mahasiswa dengan aturan dan ketentuan yang akan dibahas selanjutnya. Selain pembahasan berbagai rencana kerja sama, kunjungan kali ini juga dilakukan penandatanganan kerja saa IA (Implementation of Agreement) terkait collaborative research and colaborative teaching dengan Associate Professor dr. Norwaliza Binti Abdul Wahab dari Departemen of Educational Studies Fakulti Pembangunan Manusia UPSI.

Beberapa rencana kerja sama tersebut juga merupakan tindak lanjut dari MoU (Memorandum of Understanding) antara Universitas Negeri Yogyakarta dengan Universitas Pendidikan Sultan Idris. Rencana kerja sama akan ditindaklanjuti dengan beberapa hal seperti penyusunan rancangan kegiatan selama 2-3 tahun ke depan, identifikasi bidang kajian setiap dosen antara Fakulti Pembangunan Manusia dan Departemen Pendidikan Sosiologi. Selanjutnya juga akan dilakukan diskusi lebih lanjut terkait program kerja sama dengan melibatkan pimpinan fakultas.